Test Footer

LightBlog

Thursday, August 30, 2012

Kerajinan Kota Palu

Sarung Donggala PDF Print E-mail
Sarung Donggala merupakan kerajinan tradisional masyarakat Donggala yang sangat populer, bukan hanya dikalangan masyarakat Sulawesi Tengah namun juga hingga daerah lainnya, kerajinan ini telah secara turun temurun diwariskan masyarakat donggala.Sarung tenunan tradisional ini sangat istimewa, dibuat dari bahan serat sutera alami yang dibuat dalam berbagai warna dan motif yang sangat menarik dan khas.
Ditenun oleh tangan-tangan terampil perempuan di desa-desa di wilayah Donggala dengan menggunakan alat tradisional yang dalam bahasa setempat disebut balida.Kerajinan tenun ini hingga saat ini masih terdapat diberbagai wilayah di Donggala, diantaranya di Kecamatan Banawa, Banawa Tengah, Banawa Selatan, Tavaili, dan Labuan. Setiuap daerah memiliki motif dan corak tertentu. Beberapa motif yang sangat popular diantaranya, bomba, bunga mawar, kamboja, anyelir, dan bunga subi.

Kerajinan ini telah dilakukan oleh masyarakat Donggala sejak dahulu kala, dilakukan oleh kaum perempuan di desa-desa di saat senaggang seusai mengerjakan tugas rumah tangga, selain untuk menambah penghasilan keluarga juga untuk kelangsungan budaya setempat.

Untuk memperolehnya anda tidak perlu bersusah payah, saat ini telah banyak gerai yang menawarkan sarung donggala, bahkan diantaranya ada yang telah membuka online store buya sabe , yang memungkinkan anda membeli sarung ini secara online.

Untuk melestarikan budaya ini, Pemerintah Kabupaten Donggala, telah menerbitkan peraturan daerah tentang tenun Donggala. Namun yang terpenting adalah mempromosikan produk kerjainan ini dan membuka pasar yang lebih luas.

0 comments:

Post a Comment

Tanggapan