Test Footer

LightBlog

Thursday, August 30, 2012

Senjata tradisional kota palu

Senjata tradisional masyarakat di Sulawesi Tengah

Berikut adalah beberapa jenis senjata tradisional masyarakat di Sulawesi Tengah, salah satu jenis senjata tradisional yang terkenal di Sulawesi Tengah adalah pasatimpo, yaitu sejenis parang yang hulunya bengkok dan sarungnya diberi tali, selain jenis parang adapula berupa tombakyang terdiri atas kanjae dan surampa (bermata tiga seperti senjata trisula), serta sumpit
Selain itu, terdapat pula jenis senjata tradisional yang lain berupa parang panjang yang dalam bahasa local disebut “Guma”,  yang dibuat oleh tukang besi (pande) yang ahli membuat senjata tajam.
Jenis-jenis senjata tradisional ini oleh masyarakat local digunakan sebagai alat untuk berperang melawan musuh atau melindungi diri dari serangan binatang buas. Juga dilengkapi sejenis tameng pelindung diri dari serangan lawan yang disebut “cakalele”  yang terbuat dari kayu dan dilapisi dengan sekeping besi tipis.
Pada saat ini jenis-jenis senjata tradisional yang ada juga digunakan untuk berbagai keperluan dalam rangka aktivitas hidup sehari-hari, seperti untuk mencari kayu bakar, memotong hewan buruan atau piaraan untuk dikonsumsi, dan lain-lain.

Sumber: Perpustakaan Daerah Propinsi Sulawesi Tengah

0 comments:

Post a Comment

Tanggapan