Test Footer

LightBlog

Tuesday, January 15, 2013

Souraja Rumah adat Kaili

Souraja Rumah adat Kaili

Rumah adat atau rumah tradisional khas Sulawesi Tengah adalah Souraja, yakni bangunan rumah tradisional  yang merupakan tempat tinggal para bangsawan.  Souraja juga sering disebut Banua Mbaso atau rumah besar yakni  rumah kediaman tidak resmi dari manggan atau raja beserta keluarga-keluarganya.

Meskipun demikian sebagian besar rumah rakyat serupa dengan Souraja, hanya bentuk dan ukurannya sedikit berbeda dengan yang dimiliki para pembesar atau bangsawan. Bangunan ini berbentuk rumah panggung yang ditunjang sejumlah tiang kayu balok persegi empat dari kayu tertentu yang memiliki kualitas yang baik serta tahan lama.

Bagian Atap Souraja  berbentuk piramide segitiga, bagian depan dan belakang atapnya ditutup dengan papan yang dihiasi dengan ukiran dengan motif yang sangat khas dan disebut panapiri, pada ujung bubungan  depan dan belakang terdapat  mahkota berukir disebut bangko-bangko.

Bagian yang paling mencolok dan unik dari desain bangunan ini adalah bagian depan dimana terdapat teras yang cukup besar, ditambah bagian teras tambahan yang sedikit menjorok kedepan, dan anak tangga dari dua sisi kiri dan kanan sebagai akses utama memasuki bangunan ini.

Desain Souraja sangat khas dan artistic, terbuat dari kayu-kayu pilihan, dengan hiasan kaligrafi disekelilingnya, serta tambahan struktur seperti bangko dan lainnya. Yang melambangkan keramahan, kemuliaan dan kesejahteraan penghuninya.

0 comments:

Post a Comment

Tanggapan