Test Footer

LightBlog

Tuesday, January 15, 2013

Pantai Tanjung Karang

 Berlibur ke Pantai Tanjung Karang - Sulawesi Tengah

Tanjung Karang sebuah kawasan pantai yang berada persis di mulut  teluk Palu, tiga kilometer sebelah utara dari kota Donggala, sebuah kota Tua di Propinsi Sulawesi Tengah yang menyediakan beragam alternatif pelesiran, mulai dari wisata alam pegunungan, wisata budaya hingga wisata pantai.
Untuk mencapai tanjung karang tidak begitu sulit, dari Palu,  Ibukota Propinsi Sulawesi tengah, bisa ditempuh dalam waktu 45 menit, sepanjang perjalanan menuju tanjung karang, wisatawan akan dimanjakan dengan  pemandangan indah pantai teluk Palu, teluk yang menjorok dari tanjung karang hingga ke muara Sungai Palu, selain itu anda juga misa menyaksikan aktifitas keseharian masyarakat Banawa, sebuah daerah kecamatan di mana tanjung karang berada.

Saat menginjakan kaki di tanjung karang, mata setiap pengunjung akan langsung tertumbuk pada keindahan pasir putih di sepanjang pantainya, dan warna air laut kebiruan mulai dari tepi hingga ke lepas pantai. Siapapun pasti tidak tahan untuk segera menceburkan diri ke laut, atau langsung duduk di pasir putih.

Bagi penggemar olahraga selam, lokasi ini merupakan “surga” bagi mereka, keindahan terumbu karang Dengan beraneka ragam jenis ikan karang begitu mempesona,“keindahan terumbu karang disini sangat luar biasa, apalagi memang terdapat aneka jenis ikan karang yang berenang disekitar kita, akan menambah kenikmatan saat bertualang di bawah laut “ ujar Udin, salah seorang pengunjung yang mengaku berasal dari Palu.

Disini beberapa cottage yang ada memang menyediakan alat selam, yang bisa disewa, juga kapal pesiar  bagi yang ingin menikmati keindahan dunia bawah laut melalui kotak kaca di lambung kapal, atau bisa juga menyewa perahu motor milik warga setempat sebagai alternativ  jika hanya ingin sekedar menikmati suasana laut.
Bagi yang tidak memiliki dana cukup, bisa juga menyewa perlengkapan snorkeling kepada warga setempat yang memang membuka lapak-lapak penyewaan alat-alat snorkeling dan pelampung sederhana.

Keindahan tanjung karang yang menarik pengunjung baik lokal maupun luar, menjadi berkah dan lahan usaha bagi warga setempat, tengok saja warung-warung sepanjang pantai miliki warga setempat selalu dipenuhi para pembeli khususnya pada saat-saat liburan. Aneka jenis makanan tersedia disini, mulai dari hidangan menu laut hingga penganan kecil, bagi anda yang menggemari makanan lokal juga tersedia, seperti burasa, gogos dan sebaginya.

Bila anda bermaksud berlibur bersama keluarga atau relasi bisnis, tersedia banyak cottage disini,harganya pun  beragam dari  tiga puluh lima ribu, hingga seratus ribu rupiah permalam.

Meski menyimpan potensi yang begitu besar, perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap objek wisata ini belum terlihat, fasilitas-fasilitas pengunjung, penataan, dan pengelolaan yang ada masih sangat minim, karenanya, Andi Anwar salah seorang aktivis lingkungan di Donggala berharap kepada pemerintah untuk memberikan perhatian lebih besar pada pengembangan potensi tanjung karang.

“Saya berharap pemerintah bisa mengembangkan pariwisata Tanjung Karang, dengan mengembangkan sebuah konsep pengelolaan pariwisata yang mengedepankan potensi alamiah dan partisipasi warga setempat, dengan memberikan fasilitas dan pengetahuan pengelolaan kepada warga, sehingga warga benar-benar menjadi pelaku sekaligus penikmat manfaat ekonomi dari aktifitas pariwisata itu sendiri, bila ini dilakukan ini akan mengerakan ekonomi setempat” tegas Andi.

0 comments:

Post a Comment

Tanggapan