Test Footer

LightBlog

Tuesday, April 18, 2017

Laporan Dengan QuickReport Delphi

Membuat Laporan Dengan QuickReport Delphi
Fungsi Sebuah Laporan Tentu Sudah Sobat Pahami Bukan?
Pada Postingan ini. Admin Ingin Sedikit Share Bagaimana Membuat Laporan dengan Memanfaatkan Component QuickReport Dari Delphi. Caranya Bagaimana? Ikuti saja Langkah dibawah ini :
Pertama. Dan Yang paling Utama. Pastikan Anda Sudah Memahami Bagaimana Koneksi Database Ke Delphi Berikut Tentang CRUD (Create Read Insert Update dan Delete) Data pada Database Tersebut. Kenapa Penting? Karena Report alias Laporan akan Mengambil Data Dari Database. Jika Anda Belum Faham Bagaimana Koneksi Database dan CRUD Data Silahkan Baca Postingan Sebelumnya !
Kedua, Silahkan Tambahkan Component QuickReport dengan Cara Klik Menu Component > Install Package > Add > Silahkan Cari Komponen-nya Pada "C:\Program Files\Borland\Delphi7\Bin" > Nama Componentnya adalah dclqrt70.bpl 
Selesai Menambahkan Component Silahkan Lihat Komponen yang sudah anda tambahkan Pada Pallete Terakhir.
Ketiga, Buka Menu File > Other > Report.
Keempat, Klik Dua Kali Pada Report Tersebut Lalu Atur Sesuai Kebutuhan > Apply > OK
Kelima, Tambahkan 1 Buah AdoQuery/AdoTable (Atur Koneksinya). Selanjutnya Masuk Ke Pallete QReport > Tambahkan Beberapa Komponen QRLabel > Atur Property-nya
Keenam, Tambahkan Beberapa Komponen QRDBText > Atur Property-nya.
Yang Perlu Diganti dalam Mengatur Property dari QRDBText adalah :
Dataset dan DataFiled pada Object Inspector.
Contoh Desain saya Seperti ini (Saya Memanfaatkan AdoQuery yang ada di Datamodule sehingga tidak perlu menambahkannya ke Form Quick Report)
Yang Terakhir, Untuk Memanggil laporan Yang Sudah Kita Buat Dengan Button, Tambahkan Kode ini 
1
QReport.QuickReport2.Preview;
Hasil saya Seperti ini
NB : Jika pada laporan anda hanya muncul 1 data sedangkan pada tabel database anda memiliki beberapa data, anda perlu mengatur setting Quickreport di Object inspector Dataset -> AdoQuery/AdoTable

Membuat Cetak Laporan Dengan QuickReport Pada Delphi

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara Membuat Cetak Laporan Dengan Quickreport Pada Delphi. Quickreport Pada Delphi merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk mencetak laporan yang isinya berdasarkan data yang ada pada database. Selain mencetak laporan, komponen Quickreport juga terdapat fitur pengaturan kertas dan pengaturan – pengaturan lain.
Selain itu, untuk mengkoneksikan Quickreport pada delphi ke Databasenya anda juga harus menambahkan komponen ADO seperti ADOConnection dan ADOQuery dan selanjutnya diatur propertiesnya.
Untuk membuat cetak laporan dengan menggunakan Quickreport Pada Delphi sangatlah mudah. Quickreport hanya mengambil data yang telah disimpan dalam database, dan juga anda tidak perlu mengetikan coding untuk bisa membuat laporan anda hanya perlu menambahkan komponen yang ada pada Quickreport seperti QRDBText, QRSysData, dll. Setelah itu atur propertiesnya dan lihat hasilnya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak langkah – langkahnya dibawah ini:
#1. Langkah pertama siapkan form baru dan tambahkan komponen QuickReport atau QuickRep1. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:
#2. Selanjutnya atur properties quickreport dengan memilih bands dan centang pada HasColoumHeader, HasDetail, HasFooter, HasTitle.
#3. Lalu tambahkan komponen ADOConnection dan ADOQuery dan atur propertiesnya seperti dibawah ini:
KOMPONEN
PROPERTIES
NILAI
ADOCONNECTION1
CONNECTION STRING
...>BUILD>MICROSOFT JET 4.0 OLE DB PROVIDER>NEXT>...>PILIH DB>OK
LOGINPROMPT
FALSE
ACTIVE
TRUE
ADOQUERY1
CONNECTION
ADOCONNECTION1
SQL
SELECT * FROM NAMATABEL;
ACTIVE
TRUE

#4. Setelah mengatur komponen ADO selanjutnya adalah membuat judul laporan dan tempatkan TQRLabel pada Band HasTitle lalu ubah captionya sesuai dengan judul laporan yang kalian buat;
#5. Selanjutnya membuat judul kolom dengan cara menempatkan TQRLabel di band HasColoumHeader;
#6. Lalu sekarang kita akan menampilkan isi dari database ke dalam QuickReport dengan cara menggunakan TQRDBText kemudian atur propertiesnya dengan mengatur dataset lalu pilih ADOQuery1 dan atur datafield dan pilih nama field yang ada pada database sesuai dengan isi yang akan kalian tampilkan pada quickreport. Unctuk contoh silahkan lihat gambar dibawah ini:
#7. Setelah semua TQRBText diatur propertiesnya silahkan jalankan/RUN dan lihat hasilnya...

Oke, dicukupkan sekian tentang Membuat Cetak Laporan Dengan Quickreport Pada Delphi semoga bermanfaat .... Sekian.

0 comments:

Post a Comment

Tanggapan