Tari Torompio
“Torompio”
adalah ungkapan dalam bahasa Pamona, Sulawesi Tengah. Ungkapan ini
terdiri atas dua kata, yakni “toro” yang berarti “berputar” dan “pio”
yang berarti “angin”. Jadi, “torompio” berarti “angin berputar”. Makna
yang terkandung dalam ungkapan tersebut adalah “gelora cinta kasih”
yang dilambangkan oleh tarian yang dinamis dengan gerakan
berputar-putar bagaikan insan yang sedang dilanda cinta kasih, sehingga
tarian ini disebut torompio. Pengertian gelora cinta kasih sebenarnya
bukan hanya untuk sepasang kekasih yang sedang dimabuk cinta, melainkan
juga untuk semua kehidupan, seperti: cinta tanah air, cinta sesama
umat, cinta kepada tamu-tamu (menghargai tamu-tamu) dan lain
sebagainya. Namun, yang lebih menonjol ialah cinta kasih antarsesama
remaja atau muda-mudi, sehingga tarian ini lebih dikenal sebagai tarian
muda-mudi. Torompio dalam penampilannya sangat ditentukan oleh syair
lagu pengiring yang dinyanyikan oleh penari dan pengiring tari.
Tarian ini dahulu ditarikan secara spontan oleh para remaja dengan jumlah yang tidak terbatas dan dipergelarkan di tempat terbuka, seperti halaman rumah atau tempat tertentu yang agak luas. Para penontonnya muda-mudi yang berdiri dan membentuk lingkaran, karena tari ini didominasi oleh komposisi lingkaran dan berbaris.
Tarian ini dahulu ditarikan secara spontan oleh para remaja dengan jumlah yang tidak terbatas dan dipergelarkan di tempat terbuka, seperti halaman rumah atau tempat tertentu yang agak luas. Para penontonnya muda-mudi yang berdiri dan membentuk lingkaran, karena tari ini didominasi oleh komposisi lingkaran dan berbaris.
Setelah introduksi selesai, maka tarian dilanjutkan dengan gerakan masinpanca, yaitu para penari bertemu untuk mencari pasangan masing-masing sambil menyanyikan lagu yang menceritakan indahnya pertemuan tersebut. Kemudian, penari pria akan membuat gerakan-gerakan yang seakan merayu penari wanita. Gerakan ini disebut mencolodi. Dalam mencolodi ini lagu yang dibawakan syairnya menceritakan bahwa pertemuan antara penari pria dan wanita melambangkan persatuan di antara mereka.
Setelah gerakan moncoldi selesai, maka dilanjutkan dengan gerakan mompalakanamo dan mosangko lima. Pada gerakan mompalakanamo penari dalam posisi berhadapan sambil menyanyikan syair yang menceritakan pertemuan ini sangat indah, berkesan dan tak dapat dilupakan. Sedangkan, gerakan selanjutnya yaitu mosangko lima, penari pria menyematkan seuntai kalung kepada penari wanita dan diteruskan dengan berjabat tangan sebaga ungkapan eratnya persatuan. Kemudian, dilanjutkan dengan ucapan selamat tinggal yang ditandai dengan lambaian tangan. Pada masa Orde Baru, saat melambaikan tangan tersebut digunakan juga untuk menyampaikan pesan pemerintah kepada para penonton, yang berisi tentang ajakan untuk mensukseskan pembangunan di segala bidang
Tari DERO
Kesenian
tradisional Modero, tarian yang dibawakan oleh golongan tua dan muda
pada waktu pesta panen (vunja). Tarian ini ditarikan di tengah sawah,
biasanya sampai pagi hari. Tujuan dari tarian ini merupakan ungkapan
rasa terima kasih atas keberhasilan panen, sekaligus merupakan hiburan
bagi para petani setelah bekerja keras.
Selanjutnya untuk Vaino, merupakan pembacaan syair-syair yang dibawakan secara bersahut-sahutan. Biasanya dilakukan pada waktu pesta kedukaan, yaitu di antara malam-malam dari hari ke- 3 sampai hari ke- 40 setelah kematian.
Sedangkan Dadendate, dapat dikategorikan sebagai seni suara, berupa nyanyian yang dilagukan semalam suntuk oleh seorang pria dan seorang wanita secara bergantian dengan iringan alat musik gambus. Syair yang dinyanyikan berisikan sindiran yang sifatnya membangun. Kesenian ini pada umunmya digemari oleh semua lapisan umur dalam masyarakat.
Untuk kesenian tradisional Kakula, yaitu sejenis kesenian yang menggunakan seperangkat alat musik, terdiri dari 15 buah kakula, 2 buah tambur, dan sebuah gong.
Untuk jenis tarian yang disuguhkan untuk menyambut tamu-tamu terhormat, yang diakhiri dengan menaburkan bunga kepada para tamu sering dinamai tarian . Lumense dan Peule Cinde
Mamosa, merupakan tarian perang yang dibawakan oleh seorang penari pria dengan membawa parang dan perisai kayu, yang ditarikan dengan gerakan melompat-lompat seperti menangkis serangan. Tarian ini diiringi alat musik gendang dan gong.
Sedanngkan Morego, sejenis tarian untuk menyambut kepulangan para pahlawan dari medan pertempuran dengan membawa kemenangan. Sebelum tarian ini ditarikan, harus memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu seperti meminta restu kepada pemangku adat, kemudian mencari wanita pasangan menari yang belum menikah.
Selanjutnya, Pajoge, merupakan tarian yang berasal dari lingkungan istana, dan biasanya ditarikan pada waktu ada pesta pelantikan raja. Tarian ini merupakan hasil pengaruh unsur kesenian dari kebudayaan yang berkembang di Sulawesi Selatan. Para penarinya terdiri dari tujuh penari wanita dan seorang penari pria.
Balia, merupakan sejenis tarian yang berkaitan dengan kepercayaan animisme, yaitu pemujaan terhadap benda-benda keramat, khususnya yang berhubungan dengan pengobatan tradisional terhadap seseorang yang terkena pengaruh roh jahat.
Kalau dilihat dari kesenian tari, wilayah Sulawesi tengah akan kaya dengan seni budayanya. Hanya saja, cara untuk melestarikan serta mempertahankan serta mempromosikannya perlu mendapat perhatian secara maksimal dari pemerintah daerah (rstmopm).
Selanjutnya untuk Vaino, merupakan pembacaan syair-syair yang dibawakan secara bersahut-sahutan. Biasanya dilakukan pada waktu pesta kedukaan, yaitu di antara malam-malam dari hari ke- 3 sampai hari ke- 40 setelah kematian.
Sedangkan Dadendate, dapat dikategorikan sebagai seni suara, berupa nyanyian yang dilagukan semalam suntuk oleh seorang pria dan seorang wanita secara bergantian dengan iringan alat musik gambus. Syair yang dinyanyikan berisikan sindiran yang sifatnya membangun. Kesenian ini pada umunmya digemari oleh semua lapisan umur dalam masyarakat.
Untuk kesenian tradisional Kakula, yaitu sejenis kesenian yang menggunakan seperangkat alat musik, terdiri dari 15 buah kakula, 2 buah tambur, dan sebuah gong.
Untuk jenis tarian yang disuguhkan untuk menyambut tamu-tamu terhormat, yang diakhiri dengan menaburkan bunga kepada para tamu sering dinamai tarian . Lumense dan Peule Cinde
Mamosa, merupakan tarian perang yang dibawakan oleh seorang penari pria dengan membawa parang dan perisai kayu, yang ditarikan dengan gerakan melompat-lompat seperti menangkis serangan. Tarian ini diiringi alat musik gendang dan gong.
Sedanngkan Morego, sejenis tarian untuk menyambut kepulangan para pahlawan dari medan pertempuran dengan membawa kemenangan. Sebelum tarian ini ditarikan, harus memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu seperti meminta restu kepada pemangku adat, kemudian mencari wanita pasangan menari yang belum menikah.
Selanjutnya, Pajoge, merupakan tarian yang berasal dari lingkungan istana, dan biasanya ditarikan pada waktu ada pesta pelantikan raja. Tarian ini merupakan hasil pengaruh unsur kesenian dari kebudayaan yang berkembang di Sulawesi Selatan. Para penarinya terdiri dari tujuh penari wanita dan seorang penari pria.
Balia, merupakan sejenis tarian yang berkaitan dengan kepercayaan animisme, yaitu pemujaan terhadap benda-benda keramat, khususnya yang berhubungan dengan pengobatan tradisional terhadap seseorang yang terkena pengaruh roh jahat.
Kalau dilihat dari kesenian tari, wilayah Sulawesi tengah akan kaya dengan seni budayanya. Hanya saja, cara untuk melestarikan serta mempertahankan serta mempromosikannya perlu mendapat perhatian secara maksimal dari pemerintah daerah (rstmopm).
Tari Pamonte
Tari
Pomonte adalah salah satu tari daerah yang telah merakyat di Provinsi
Sulawesi Tengah, yang merupakan simbol dan refleksi gerak dari salah
satu kebiasaan gadis-gadis suku Kaili pada zaman dahulu dalam menuai
padi, yang mana mayoritas penduduk suku Kaili adalah hidup bertani.
Tari Pomonte telah dikenal sejak tahun 1957 yang di ciptakan oleh
seorang seniman besar, putra asli Sulawesi tengah yaitu (alm) Hasan. M.
Bahasyuan, beliau terinspirasi dari masyarakat Sulawesi Tengah yang
agraris. Tari Pomonte melambangkan sifat gotong-royong dan memiliki
daya komunikasi yang tinggi, hidup dan berkembang ditengah masyarakat
yang telah menyatu dengan budaya masyarakat itu sendiri. Kata POMONTE
berasal dari bahasa Kaili Tara ; - PO artinya = Pelaksana - MONTE
artinya = Tuai (menuai) - POMONTE artinya = Penuai Tari Pomonte
menggambarkan suatu kebiasaan para gadis-gadis suku Kaili di Sulawesi
Tengah yang sedang menuai padi pada waktu panen tiba dengan penuh suka
cita, yang dimulai dari menuai padi sampai dengan upacara kesyukuran
terhadap sang Pencipta atas keberhasilan panen. Dan sebelum menuai
setiap pekerjaan didahului oleh seorang Penghulu yang dalam bahasa
Kaili disebut TADULAKO. TADULAKO pada tarian ini berperan sebagai
pengantar rekan-rekannya mulai dari menuai, membawa padi kerumah,
membawa padi ke lesung, menumbuk padi, menapis serta membawa beras ke
rumah yang kemudian disusul dengan upacara selamatan yakni No’rano,
Vunja, Meaju dan No’raego mpae yang merupakan suatu kebiasaan yang
dilakukan pada upacara panen suku Kaili di provinsi Sulawesi Tengah.
Tari Pomonte memiliki daya pikat yang kuat karena dalam penampilannya
mampu menimbulkan suasana gembira terhadap penonton, baik dalam gerak
maupun lagu yang dinyanyikan dalam berhasa daerah yaitu bahasa Kaili,
sehingga tari Pomonte dapat dimengerti langsung oleh yang menyaksikannya
khususnya masyarakat di lembah Palu.
0 comments:
Post a Comment
Tanggapan