Test Footer

LightBlog

Monday, May 6, 2013

1.095 Warga Talise Bakal Dapatkan Tanah Gratis

1.095 Warga Talise Bakal Dapatkan Tanah Gratis



RENCANAPemkot Palu, melalui Pemerintah Kecamatan Mantikulore untuk menyediakan kapling tanah gratis seluas 1.100 hektar yang diperuntukkan bagi warga Kelurahan Talise. Kini oleh pihak LPM dan Kelurahan Talise sudah masuk pada tahap verifikasi warga penerima.
Menurut Camat Mantikulore, Moh Sabil Akbar SSos MSi program bagi-bagi tanah tersebut adalah salah satu program untuk menyukseskan target Zero Poverty yang dicanangkan oleh Walikota Palu.
"Bagi-bagi kapling tanah gratis kepada warga Kelurahan Talise termasuk salah satu program Zero Poverty di Kecamatan Mantikulore. Sebab penerima program ini adalah mereka yang masuk dalam kategori kaum duafa," ujarnya.
Kata Sabil, saat ini jumlah warga di Kelurahan Talise kurang lebih 20 ribu jiwa. Dan yang akan menerima program bagi-bagi tanah gratis yakni untuk sekitar 1.095 kepala keluarga.
Sedang lokasi yang dipersiapkan untuk dibagi-bagikan kepada warga kurang mampu tersebut yakni berlokasi di tanah milik negara yang ada di Kelurahan Talise tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta.
"Bukan hanya diperuntukkan bagi masyarakat. Di tanah negara yang ada di Kelurahan Talise tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta juga terbuka untuk dijadikan sebagai lokasi perkantoran. Bahkan sudah ada juga investor yang berniat akan membangunan kawasan perumahan elite dan pusat permainan modern di lokasi tersebut," urai Sabil.
Lanjut mantan Lurah Talise ini menjelaskan jika dalam penentuan warga penerima program, sebelumnya sudah dilakukan pertemuan antara tokoh-tokoh masyarakat setempat dan LPM Kelurahan Talise.  Pertemuan itu untuk merumuskan kriteria-kriteria yang ditetapkan sebagai acuan untuk mengklasifikasikan warga yang masuk sebagai  kaum duafa dan layak untuk menerima jatah kapling gratis.
"Setelah LPM selesai menyusun data warga penerima, maka nama-nama itu akan ditempel di kantor kelurahan supaya warga bebas untuk membaca dan mengetahui siapa saja yang akan menerima program Zero Poverty dari pemerintah. Kalau ada yang komplain atas nama-nama warga yang ditetapkan sebagai penerima, maka bisa saja mengajukan keberatan. Tentunya disertai alasan yang tepat," tegas Sabil.
Senada, Ketua LPM Kelurahan Talise, Moh Rum Arsyad mengatakan saat ini tahapan bagi-bagi tanah masih dalam tahap verifikasi warga penerima, yang targetnya akan diselesaikan pekan ini.
Dari jumlah yang ada yakni 1.095 kk masih terbuka peluang untuk dilakukan penambahan sesuai luas kawasan yang disediakan oleh Pemkot Palu.
"Bisa saja masih ada penambahan. Kami masih melakukan verifikasi data warga. Dan mereka yang berhak menerima program tanah gratis ini yaitu warga Kelurahan Talise yang sudah menikah, tetapi tidak memiliki pekerjaan tetap, tidak memiliki rumah tinggal sendiri dan masih menumpang di rumah orang tua atau keluarga," jelasnya.

0 comments:

Post a Comment

Tanggapan