Test Footer

LightBlog

Wednesday, March 13, 2013

Sulteng Jadi Tuan Rumah Rapat Regional Se-Sulawesi

Bahas Perencanaan Pembangunan Transmigrasi 2014

Sulteng Jadi Tuan Rumah Rapat Regional Se-Sulawesi

PALU- Pekan ini, Sulawesi Tengah kembali mendapat kesempatan menjadi tuan rumah berskala regional dalam rangka perencanaan pembangunan permukiman transmigrasi di kawasan Sulawesi. Rencananya, rapat regional tersebut akan dibuka langsung oleh Dirjen Pembinaan Permukiman Transmigrasi (P2KT) Jamaluddin Malik, di Swissbel Silae Palu, besok malam (26/2).
Kepala Bidang Permukiman Transmigrasi Disnakertrans Sulteng, Ir Basir Tanase MT, menyampaikan kedatangan Dirjen membuka agenda tahunan tersebut juga akan didampingi sejumlah pejabat eselon di lingkungan Kementerian Transmigrasi. Diantaranya direktur perencanaan pembangunan permukiman transmigrasi, direktur area permukiman transmigrasi. “Termasuk yang akan ikut dalam rombongan nanti adalah sekretaris Dirjen P2KT,” tandas Basir.
Basir ditemui kemarin, mengungkapkan bahwa rapat regional ini merupakan agenda tahunan yang tahun ini dipercayakan kembali untuk dilaksanakan di Sulawesi Tengah. Selain membahas perihal perencanaan pembangunan permukiman transmigrasi pada tahun 2014 mendatang, pertemuan yang akan menghadirkan perwakilan dari seluruh provinsi di kawasan Sulawesi ini juga akan membahas tentang evaluasi pelaksanaan pembangunan kawasan transmigrasi selama tahun 2013.
Evaluasi yang dilakukan sebagaimana menjadi evaluasi tahunan dari Dirjen P2KT adalah terkait kontrak kerja pembangunan kawasan termasuk proses tender dan  batas waktu penandatangan kontrak apakah telah tepat waktu atau tidak. Hal tersebut penting untuk memastikan langkah-langkah perencanaan dapat berjalan sesuai dengan waktu dan progres yang ditentukan. “Sehingga jangan sampai pada saat penempatan diundur lagi dan terjadi luncuran, itu juga akan meruntuhkan kinerja kita, meski pun luncuran penempatan transmigrasi dari tahun ke tahun tetap ada,”tandasnya.
Selebihnya, juga akan ada evaluasi tentang investasi. Di Sulteng sebagaimana juga dari hasil kunjungan Dirjen sebelumnya di kawasan transmigrasi Tinauka Kabupaten Donggala, beberapa waktu lalu. Tentang sejauh mana investasi-investasi yang masuk ke kawasan tersebut, dan kawasan-kawasan lainnya. Isu investasi di kawasan permukiman transmigrasi menjadi isu yang cukup strategis saat ini, dimana telah Kementerian Transmigrasi kini telah semakin mendorong masuknya investasi untuk semakin mendorong kemandirian kawasan secara lebih cepat. “Jadi tidak perlu menunggu 20 atau 25 tahun seperti dulu-dulu, tapi diharapkan dengan adanya investasi seperti di Air Terang Buol yakni kelapa sawit diharapkan dalam 5 tahun sudah terlihat perubahan dari kawasan tersebut,”tandas Basir.
Sementara itu, kadis nakertrans Ir Abd Razak MT, juga menanggapi kedatangan Dirjen dalam rapat regional ini adalah suatu kesempatan strategis. Dimana daerah termasuk Sulawesi Tengah akan memiliki kesempatan untuk mengemukakan permasalahan-permasalahan yang selama ini masih menjadi penghambat di daerah dalam hal perencanaan dan pengembangan kawasan transmigrasi di Sulawesi, dan Sulawesi Tengah secara khusus. Rapat regional se Sulawesi tentang perencanaan pembangunan transmigrasi 2014 tersebut, akan dilaksanakan hingga 28 februari mendatang.

0 comments:

Post a Comment

Tanggapan