Test Footer

LightBlog

Wednesday, March 13, 2013

Tim Ekspedisi NKRI 2013

Tim Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi tiba di Palu


Palu - Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi tiba di Palu Sulawesi Tengah sore ini Jumat (8/7). Ekspedisi ini akan melakukan kegiatan pokok yaitu penelitian, penjelajahan  dan komunikasi sosial yang akan berlangsung selama kurang lebih 4 bulan di Kabupaten Sigi.  Ekspedisi NKRI 2013 mencakup seluruh wilayah Indonesia yang melibatkan 1335 personil yang terdiri dari beberapa elemen masyarakat. khususnya adalah kelompok pemuda.
Ekspedisi NKRI untuk Kabupaten sigi masuk dalam bagian ekspedisi koridor Sulawesi, yang terbagi atas 9 Kabupaten salah satunya adalah Kabupaten Sigi. Untuk Kabupaten Sigi masuk dalam sub koridor IV yang berpusat di Desa Rarampadende Kecamatan Marawola.
Komandan Tim Pemberangkatan Ekspedisi Sub Koridor IV Kolonel Infanteri Saleh Mustofa,mengatakan seluruh tim berjumlah 55 orang yang terdiri dari komponen TNI Polri, Pencinta alam, Pramuka dan Mahasiswa serta media. Hampir seluruhnya masih muda, TNI dan Polri adalah perwira muda maupun bintara. Demikian pula dengan mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya.
" Pesertanya rata rata adalah pemuda. Dan mereka akan menyelesaikan pendidikannya." Kata Komandan grup I Kopassus kepada media di Bandara Mutiara Palu.
Selain itu tim ini juga akan melakukan pendataan potensi potensi kekayaan alam yang ada di Sulawesi dan juga termasuk potensi mitigasi bencana. Hasil dari seuruh ekspedisi ini akan dibuatkan sebuah buku tentang Sulawesi. Namun sebelum merampungkan buku akan di seminarkan terlebih dahulu. Buku tersebut akan diserahkan kepada dinas pendidikan dan kebudayaan. Dan disebar keseluruh wilayah Indonesia dan akan menjadi bahan pembelajaran.
Ekspedisi ini adalah kegiatan nasioal yang merupakan kegiatan yang ketiga kalinya , pertama kali ekspedisi ini dilakukan tahun 2010 di Pulau Sumatera dengan nama ekpedisi Bukit Barisan. Tahun 2012 ekpedisi ini dilaksanakan di Pulau Kalimantan dengan nama Ekspedisi Katulistiwa dan tahun ini bernama Ekspedisi Sulawesi 2013.
Bupati Sigi Ir. Aswadin Randalembah mengatakan pemerintah Kabupaten Sigi selaku tuan rumah untuk salah satu kabupaten yang ditetapkan sebagai sub koridor IV menetapkan sebanyak 9 kecamatan yang akan dijadikan tempat kegiatan. Diantaranya adalah kecamatan Biromaru, Dolo, Dolo Barat, Dolo Selatan, Marawola , Tanambulava, Kulawi dan Pipikoro.

0 comments:

Post a Comment

Tanggapan